in

15 Jenis Musik Yang Ada Di Indonesia

JENIS-JENIS MUSIK DI INDONESIA .

Jenis Musik Yang Ada Di Indonesia

Musik Dangdut Musik dangdut sangat populer di Indonesia. Jenis musik ini sebenarnya diadopsi dari jenis musik melayu asli dari Indonesia, dan pada perkembangannya ternyata sangat disukai masyarakat Indonesia hampir dari semua daerah.

2. Musik Rock Dangdut (RockDut) Musik Rock Dangdut (RockDut) adalah gabungan dari dua jenis musik yaitu musik rock dan musik dangdut. Saya kurang tau awal terciptanya musik ini tapi menurut saya lumayanlah didengerin.

3. Musik Reggae Jenis musik ini sangat terkenal di kalangan anak muda. Musik reggae berasal dari negara Jamaica, dan Bob Marley tentunya adalah bintang musik “dunia ketiga” pertama yang jadi penyanyi group Bob Marley & The Wailers dan berhasil memperkenalkan reggae lebih universal.

4. Musik Rhythm n Blues R&B (ditulis juga RnB, merupakan singkatan dari rhythm and blues) adalah genre musik populer yang menggabungkan jazz, gospel, dan blues, aliran jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. Dan sekarang aliran jenis RnB ini paling digemari diseluruh dunia.

5. Musik Pop Dalam musik pop dunia memang sosok Michael Jackosn merupakan ikon di dunia, terlihat dari julukannya yang sering disebut “The King Of Pop”. Lalu siapa sebenarnya ikon Indonesia dalam dunia musik pop? Dapat dikatakan grup band Koes Plus merupakan ikon musik pop Indonesia, awalnya Koes Plus bernama Koes Bersaudara, dan grup musik ini lahir di tahun 1969. 

6. Musik Punk Punk merupakan sub-budaya yang lahir di London, Inggris. Pada awalnya, kelompok punk selalu dikacaukan oleh golongan skinhead. Namun, sejak tahun 1980-an, saat punk merajalela di Amerika, golongan punk dan skinhead seolah-olah menyatu, karena mempunyai semangat yang sama. Namun, Punk juga dapat berarti jenis musik atau genre yang lahir di awal tahun 1970-an. Punk juga bisa berarti ideologi hidup yang mencakup aspek sosial dan politik.

7. Musik Jazz Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note. Di Indonesia lumayan banyak peminatnya, kalo saya sendiri sering bingung dengan musik jazz… ga tau di mana reff dan inti musiknya, nadanya miring semua.

Advertisement

8. Musik klasik Sebagian orang mendefinisikan musik klasik identik dengan orkestra dengan berbagai alat musik. Namun, dalam pengertiannya musik klasik adalah musik yang lahir dari budaya di Eropa sekitar tahun 1750 sampai 1825-an.

9. Musik Arab atau Al Arabia Musik Arab atau Musik Al Arabia (Bahasa Arab: الموسيقى العربية /al-mūsīqā al-‘Arabīyah) adalah musik dari Arab Saudi, termasuk beberapa genre and gaya musik dari Arab klasik hingga musik pop arab dan musik keagamaan.

10. Musik Keroncong Keroncong merupakan nama dari instrumen musik sejenis ukulele dan juga sebagai nama dari jenis musik khas Indonesia yang menggunakan instrumen musik keroncong, flute, dan seorang penyanyi wanita.

11. Musik Heavy Metal Heavy metal adalah sebuah aliran musik rock yang berkembang pada 1970-an, dengan akar dari blues rock dan psychedelic rock. Aliran musik ini ditandai dengan distorsi Gitar yang sangat kuat, solo gitar panjang, ketukan cepat, baik disemua instrumentasi alat musiknya. Lirik heavy metal berkaitan dengan maskulinitas dan kejantanan.

12. Musik Rock and Roll Rock and roll (sering ditulis sebagai rock ‘n’ roll) adalah genre musik yang berkembang di Amerika Serikat pada akhir tahun 1940-an, dan mencapai puncak kepopuleran pada awal tahun 1950-an. Dari Amerika Serikat, genre musik ini tersebar ke seluruh dunia. Rock and roll melahirkan berbagai macam subgenre yang secara keseluruhan dikenal sebagai musik rock.

13. Musik Country Musik country adalah campuran dari sejumlah unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan dan Pegunungan Appalachia. Musik ini berakar dari lagu rakyat Amerika Utara, musik kelt, musik gospel, dan berkembang sejak tahun 1920-an.[1] Istilah musik country mulai dipakai sekitar tahun 1940-an untuk menggantikan istilah musik hillbilly yang berkesan merendahkan. Pada tahun 1970-an, istilah musik country telah menjadi istilah populer.

14. Musik Disco Disko adalah salah satu aliran musik untuk dansa yang berkembang pada tahun 1970-an di klub-klub dansa Amerika Serikat. Disk Jockey di klub dansa memutar serangkaian lagu dari piringan hitam tanpa terputus agar orang dapat terus menari tanpa berhenti.

15. Musik Kolaborasi Jenis musik ini adalah campuran dari dua jenis musik yang unik dan menciptakan musik baru yang lebih unik lagi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 Band dan Penyanyi Terburuk Indonesia

Tentang Musik Reggae Di Indonesia